Info Kesehatan Ibu Hamil, Ibu Menyusui. Panduan Kesehatan Anak dan Bayi untuk Ibu Muda

15 Januari 2018

Makanan yang Mengandung Asam Folat Untuk Ibu Hamil

Asam Folat sangat penting bagi wanita hamil dan menyusui untuk mendukung perkembangan janin. Kekurangan folat dapat meningkatkan risiko cacat pada janin yang tak diinginkan semua ibu. Di bawah ini kami berikan informasi makanan yang mengandung asam folat untuk ibu hamil:

Karena tubuh tidak dapat memproduksi folat maka cara terbaik untuk mencegah kekurangan folat adalah melalui asupan harian makanan yang mengandung asam folat. Kebutuhan folat per hari adalah 400 mikrogram untuk setiap ibu hamil. Anda tidak perlu kuatir overdosis karena folat larut dalam air sehingga jika jumlahnya berlebih akan dikeluarkan melalui urin.
Makanan yang Mengandung Asam Folat Untuk Ibu Hamil

Makanan yang Memiliki Kandungan Asam Folat

Asam folat merupakan senyawa kimia yang tak hanya terdapat pada tanaman namun juga dari hewan. Oleh karenanya sumber utama folat bukan hanya berasal dari nutrisi nabati namun juga hewani. Berikut ini listnya:

Sayuran

Sayuran memiliki banyak nutrisi dengan vitamin, mineral dan antioksidan untuk membantu mempertahankan fungsi tubuh. Biasanya sayuran berdaun hijau gelap lebih banyak memiliki kandungan folat. Beberapa sayuran yang kaya folat adalah bayam, asparagus, brokoli, selada dan sawi. Bayam dimasak dengan porsi 125 ml mengandung 121-139 mikrogram folat. Brokoli dimasak dengan porsi 125 ml mengandung 89 mikrogram folat. Sementara selada sebanyak 250 ml mengandung 65-80 mikrogram folat.

Sayuran harus dimasak dengan api sedang agar tidak merusak kandungan nutrisi. Jangan terlalu lama saat memasak sayuran. Waktu memasak yang terlalu lama atau paparan panas yang terlalu tinggi dapat mengurangi kandungan folat dalam makanan anda secara signifikan.
Baca Juga: Diet Rempah-rempah yang Alami dan Sehat

Kacang

Kacang-kacangan dan polong-polongan mengandung banyak folat untuk mendukung perkembangan bayi. Kacang merah sebanyak 90 gram dapat memberikan 46 mikrogram folat untuk memenuhi kebutuhan harian anda.

Buncis kaya protein, kalium, kalsium dan vitamin esensial serta folat. Buncis sebanyak 200 gram mengandung sekitar 180 mikrogram folat yang hampir setengah dari total kebutuhan harian anda.

Buah

Buah-buahan mengandung folat dan aman untuk dikonsumsi oleh wanita hamil. Salah satunya adalah jeruk yang secara alami kaya folat. Jeruk berukuran sedang dapat memberikan 20% kebutuhan harian anda. Jika anda memilih untuk minum jus jeruk, bacalah label kemasan untuk memastikan apakah jus tersebut diperkaya dengan asam folat.

Buah lain yang mengandung folat adalah pisang ukuran sedang dengan 24 mikrogram folat, alpukat dengan 81 mikrogram folat dan pepaya dengan 58 mikrogram folat.
Baca Juga: Rekomendasi Buah Buahan untuk Ibu Hamil Muda

Sereal

Sereal tidak secara alami mengandung folat tapi telah diperkaya dengan asam folat. Produsen makanan sering meningkatkan nilai gizi produk mereka dengan menambahkan protein, asam folat, vitamin dan nutrisi lainnya.

Namun perlu diperhatikan bahwa nilai nutrisi bervariasi pada setiap produk, cek label dengan jelas untuk memastikan kecukupan nutrisi penting untuk tetap sehat selama kehamilan.

Hati Sapi

Daging umumnya hanya sedikit mengandung folat. Satu pengecualian adalah hati sapi. Meskipun memiliki kolesterol dan lemak jenuh yang tinggi tapi hati sapi memiliki nutrisi yang baik terutama folat. Seratus gram hati sapi rebus mencukupi 70 % kebutuhan folat anda dalam sehari.

Demikian informasi mengenai makanan yang mengandung asam folat untuk ibu hamil. Semoga dapat memberikan informasi dan menambah wawasan. Semoga bermanfaat, Terimakasih.