Info Kesehatan Ibu Hamil, Ibu Menyusui. Panduan Kesehatan Anak dan Bayi untuk Ibu Muda

10 Januari 2018

Cara Memperlancar ASI yang Terbukti Efektif untuk Ibu Muda

Berbagai kondisi dapat menjadi penyebab produksi ASI tidak lancar, seperti penggunaan obat-obatan tertentu, gangguan hormonal pada ibu menyusui, obesitas, pil KB yang mengandung hormon estrogen atau peradangan pada puting susu. Oleh karena itu diperlukan cara memperlancar ASI yang efektif untuk ibu muda agar menyusui menjadi lebih mudah dan menyenangkan. Simak tips-tipsnya di bawah ini:

Cara Memperlancar ASI yang Efektif 

cara memperlancar asi yang terbukti efektif untuk ibu muda
cara memperlancar asi untuk ibu muda

Berikut ini beberapa Tips Cara Memperlancar ASI yang Terbukti Efektif untuk Ibu muda yang dapat anda coba:

  1. Minum cairan dalam jumlah yang cukup. Disarankan ibu menyusui mengkonsumsi setidaknya 3,1 liter cairan per hari. Jumlah tersebut meningkat 35 persen dari rekomendasi 2,8 liter bagi wanita yang tidak menyusui.
  2. Memperbanyak istirahat dan mengurangi stres. Jika anda terlalu capek atau tegang dapat mempengaruhi fungsi hormonal tubuh sehingga berpengaruh terhadap produksi ASI.
  3. Menambah asupan makanan yang mengandung protein. Ibu menyusui membutuhkan protein tambahan untuk menghasilkan susu dan juga menjaga kebutuhan gizi mereka sendiri. Disarankan ibu menyusui mengkonsumsi tambahan 20 gram protein per hari.
  4. Cobalah untuk menyusui bayi anda sesegera mungkin atau dalam satu jam pertama setelah melahirkan. Menunggu terlalu lama untuk memulai menyusui dapat menyebabkan produksi ASI menjadi rendah.
  5. Hindari penggunaan dot pada awal kelahiran, tunggulah empat sampai dengan enam minggu setelah kelahiran. Dorong bayi anda untuk menghisap puting susu sehingga dapat merangsang produksi ASI. Menyusui lewat payudara juga memberikan manfaat bagi anak anda agar memiliki kemampuan untuk berbicara lebih cepat dan merangsang pertumbuhan gigi anak anda.
  6. Cobalah menyusui bayi anda sesering mungkin untuk merangsang tubuh memproduksi ASI lebih banyak. Lakukan menyusui secara bergantian antara payudara sebelah kiri dan sebelah kanan. Jika anda bekerja sehingga anda tidak bisa menyusui, gunakan pompa susu atau breast pump agar produksi ASI anda tidak menurun atau berhenti. Tubuh secara alami akan menyesuaikan diri untuk menghasilkan ASI sesuai dengan kebutuhan bayi anda. Jika bayi anda tidak minum susu dalam jumlah banyak maka produksi ASI akan menurun.
  7. Jangan memberikan makanan padat atau susu formula sebelum usia enam bulan keatas, kecuali pada kondisi tertentu dimana anak anda memerlukan nutrisi tambahan untuk alasan medis.
  8. Hindari penggunaan obat-obatan tertentu yang dapat mengurangi produksi ASI, termasuk obat-obatan yang mengandung pseudoefedrin dan beberapa jenis kontrasepsi hormonal. Lakukan konsultasi dengan dokter mengenai obat-obatan yang dapat berpengaruh terhadap produksi ASI.
  9. Menghindari minum alkohol dan merokok. Minum alkohol dapat menurunkan produksi ASI. Merokok juga memiliki efek yang sama.

Baca Juga: Buah-buahan bernutrisi untuk ibu hamil muda
Demikianlah tadi ulasan kita pada kesempatan kali ini tentang bagaimana Cara Memperlancar ASI yang Terbukti Efektif untuk Ibu Muda. Semoga dapat memberikan informasi dan juga menambah wawasan untuk memberikan yang terbaik untuk buah hati kita yang baru lahir. Semoga bermanfaat, terimakasih.